5 smartphone dengan kemampuan pengukuran detak jantung

Smartphone terbaru hadir dengan berbagai fitur canggih. Salah satu fitur canggih dari pabrikan adalah kemampuan smartphone untuk mendeteksi detak jantung pengguna.

Smartphone terbaru semakin menunjang kebugaran penggunanya dan tidak hanya memiliki fitur yang inovatif, geng.

Beberapa pabrikan yang menyematkan fungsi sensor detak jantung, seperti Realme, Xiaomi, ZTE hingga Samsung.

Dengan fungsi pengukuran detak jantung, ini akan membantu Anda untuk mengetahui keadaan kesehatan jantung Anda dan kesehatan tubuh Anda secara keseluruhan.

Fungsi pengukuran detak jantung juga memudahkan Anda untuk memantau status detak jantung Anda. Fitur yang umumnya terdapat pada jam tangan pintar juga bisa digunakan melalui smartphone lho.
Berita Terkait: Review Spesifikasi dan Harga Samsung Galaxy S21 FE 5G

Sebelum mengetahui smartphone mana yang memiliki fitur monitor detak jantung, mari kita ketahui terlebih dahulu cara kerjanya dan seberapa akurat smartphone membaca detak jantung pengguna.
Cara kerja ponsel cerdas untuk mendeteksi detak jantung

Situs Cnet melaporkan bahwa berbagai aplikasi dapat menggunakan kamera ponsel Anda untuk mengukur detak jantung Anda tanpa memerlukan aksesori tambahan.

Mirip dengan pelacak detak jantung yang terpasang di sebagian besar peralatan kebugaran, aplikasi di ponsel Anda dapat mengukur detak jantung Anda dengan mendeteksi perubahan volume darah di bawah permukaan kulit. Praktek ini disebut photoplethysmography.

Setiap kali jantung Anda berdetak, jumlah darah yang mencapai kapiler di jari dan wajah Anda membengkak dan kemudian surut.

Karena darah menyerap cahaya, aplikasi dapat menangkap pasang surut ini dengan menggunakan lampu kilat kamera ponsel Anda untuk menerangi kulit dan membuat pantulan.
Seberapa akurat pelacak detak jantung di ponsel cerdas?

Meskipun photoplethysmography adalah praktik yang baik, tidak semua aplikasi pelacak detak jantung memiliki kemampuan yang sama.

Para peneliti membandingkannya dengan pengukuran “standar emas klinis” (EKG dan oksimetri nadi ujung jari) dan menemukan bahwa pembacaan detak jantung yang dihasilkan oleh aplikasi turun lebih dari 20 detak per menit di lebih dari 20% pengukuran.

Fakta bahwa aplikasi detak jantung tidak berfungsi sebaik perangkat tingkat klinis tidak terlalu mengejutkan.
Berita Terkait : Seri Realme 9 Pro akan menggunakan kamera andalan Sony IMX766

Oleh karena itu, pengguna tetap dapat menggunakan standar medis untuk mendapatkan hasil yang lebih akurat.

Bahkan jika Anda harus menggunakan aplikasi, aplikasi yang meminta Anda menyentuh kamera bawaan ponsel dengan jari cenderung lebih akurat daripada aplikasi yang hanya meminta Anda mendekatkan kamera ponsel ke wajah.

Smartphone mana yang mengambil alih pengukuran detak jantung? Cek daftarnya di bawah ya geng.
1st Reich 9 Pro+
5 smartphone dengan kemampuan pengukuran detak jantung

Dalam beberapa hari ke depan, Realme 9 Pro+ akan hadir dengan fitur-fitur canggih, termasuk kemampuan untuk mengukur detak jantung pengguna.

Realme 9 Pro+ tidak hanya dibekali dengan sensor kamera andalan Sony IMX766+ OIS, tetapi juga memiliki pengukur detak jantung yang telah disematkan pada sensor sidik jari Realme Number Series untuk pertama kalinya.

  1. ZTE Nubia Red Magic 6s Pro
    5 smartphone dengan kemampuan pengukuran detak jantung

ZTE adalah perusahaan ponsel Cina yang memperkenalkan ponsel seri nubia Red Magic 6s Pro. Smartphone ini memiliki fungsi pendeteksi detak jantung.

Smartphone ini memiliki layar AMOLED, 6,8 inci, mengusung chipset Qualcomm SM8350 Snapdragon 888+ 5G (5 nm) dan tiga kamera (lebar 64 MP, ultra lebar 8 MP, dan makro 2 MP).
Berita Terkait: Google Pixel 6 Pro didaulat menjadi unggulan dengan bug terbanyak

Smartphone yang mendukung jaringan 5G ini memiliki baterai berkapasitas 5050 mAh.

  1. Xiaomi Mi 11 Ultra

Menurut Phonegg, Xiaomi Mi 11 Ultra termasuk dalam rangkaian ponsel yang memiliki fungsi pendeteksi detak jantung.

Smartphone dengan layar 6,81 inci ini mengusung chipset Qualcomm SM8350 Snapdragon 888 5G (5nm) dan kemampuan tiga kamera.

Kamera utama smartphone ini memiliki kapasitas rekam 50 MP (wide angle), 48 MP (periscope telephoto) dan 48 MP (ultra wide angle). Handset ini terus bertambah berat berkat kapasitas baterai 5.000mAh.

Sumber :